Yayasan Global Bina Generasi Sukses Gelar Pesantren Kilat Selama Seminggu

    Yayasan Global Bina Generasi Sukses  Gelar Pesantren Kilat Selama Seminggu
    Anak-anak peserta sanlat dengan tertib menyimak materi yang dipaparkan oleh narsum dalam acara Sanlat yang diselenggarakan oleh SDIT Cahaya Qura'ni di Bandung Barat baru-baru ini (Sumber: H. Yuda Suhada)

    Bandung Barat – Yayasan Global Bina Generasi (YGBG) yang menanungi SDIT Cahaya Qur’ani sukses menyelenggarakan acara pesantren kilat (sanlat) selama seminggu. Acara yang digelar dari 10-15 Januari 2022 tersebut diikuti oleh 60 siswa kelas 1 dan kelas 2 dan telah terselenggara dengan baik, serta memuaskan semua pihak, baik anak didik, orang tua, guru, maupun pihak sekolah dan yayasan.  Senin (17/01/2022).

    Menurut Ketua Yayasan Global Bina Generasi H. Yuda Suhada, M.Pd., SDIT Cahaya Qur’ani berdiri sejak 2020. Visi sekolah ini adalah membentuk generasi Islam yang berakhlak mulia dan berprestasi, sedangkan misinya adalah membangun citra sekolah Islam sebagai center of excellent dalam pengembangan pendidikan dasar, serta menjadikan warga sekolah sebagai bagian dari education of life partnership.

    NEWSPAPER.CO.ID
    market.biz.id NEWSPAPER.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Yuda Suhada, M.Pd., mengatakan bahwa kegiatan sanlat dilaksanakan dalam rangka memenuhi kebutuhan kurikulum SDIT Cahaya Qur'ani yang sesuai dengan slogan visi dan misinya yaitu membentuk anak saleh dan saleha, ”Tujuan dari kegiatan sanlat ini adalah peserta mampu mengubah dan belajar tentang karakter anak saleh sejak dini. Mereka bisa mengamalkan atau mengaplikasikan ilmu dan pengalamannya selama belajar sanlat ini sehingga diharapkan menjadi anak-anak yang saleh dan saleha.”

    Cortado steamed milk
    market.biz.id Cortado steamed milk
    9% Rp 2.300
    Beli sekarang!

    Selama sepekan, lanjut H. Yuda Suhada, para siswa mengikuti berbagai materi pendidikan yang diajarkan oleh para pengajar yang berpengalaman. Materi yang diberikan meliputi tujuh bidang ilmu, yaitu: 1) Belajar memahami ciri dan karakter anak saleh; 2) Belajar adab dan tata krama terhadap orang tua, guru, dan orang lain (umum).

    Kemudian dlinajutkan dengan: 3) Belajar etika dan pengamalannya (dirumah, di sekolah, dan di lingkungan sekitarnya); 4) Belajar Pendidikan Keluarga (membantu pekerjaan orang tua dirumah); 5) Belajar ilmu Fiqih dasar:  mengenal macam-macam jenis air, mengenal macam-macam najis dan cara membersihkannya, praktik wudu, dan salat; 6) Belajar pengamalan pendidikan agama Islam dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, dan 7) Belajar kemandirian, tanggung jawab, disiplin, dan kebersamaan.

    KAMPAI.CO.ID
    market.biz.id KAMPAI.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    “Selama sanlat berlangsung, setiap hari anak-anak memulai kegiatan dengan melaksanakan salat Duha berjamaah, Murojaah hapalan Alquran, Juz Ama, dan hapalan do'a harian. Setelah itu peserta diajak belajar berbagai materi yang sudah disiapkan, ” ungkap Ketua Yayasan Global Bina Generasi tersebut.

    NEWSRELEASE.CO.ID
    market.biz.id NEWSRELEASE.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Menurut H. Yuda Suhada, materi yang disampaikan kepada peserta berupa teori dan praktik. Setiap hari mereka mulai belajar dari pukul 08.00-17.30 WIB. Kemudian mereka pulang ke rumah masing-masing. Hanya pada hari terakhir para siswa diwajibkan menginap di sekolah.

    Strategi pembelajaran dilaksanakan dengan berbagai metode pembelajaran. Khusus untuk pemaparan materi menggunakan proyektor. Dalam kegiatan tersebut disuguhkan pula pemutaran film edukasi, materi game, belajar mendongeng, menceritakan hobi dan cita cita mereka, diskusi kelompok, belajar presentasi, pendidikan luar kelas, fun game, dan olahraga bersama.

    Nasi Goreng Spesial
    market.biz.id Nasi Goreng Spesial
    44% Rp 2.500
    Beli sekarang!

    Secara terpisah Kepala SDIT Cahaya Qur’ani Susi Susanti, S.Pd., menjelaskan bahwa konsep kurikulum yang diterapkan di sekolah dipimpinnya adalah mengintegrasikan berbagai kurikulum yang aplikatif dalam berbagai kehidupan manusia, seperti akhlak/karakter anak saleh, kecerdasan,  leadership, dan entrepreneurship. 

    “Pembiasaan pembelajaran yang dilakukan selama sanlat di sekolah dan di rumah adalah pembiasaan-pembiasaan sehari-hari, seperti membiasakan salat fardu tepat waktu dan berjamaah di masjid bagi anak laki-laki, membiasakan zikir sesudah salat, tadarus Alquran, salat Duha, Murojaah hapalan Alquran dan do'a. Juga membiasakan berbusana yang sopan dan menutup aurat bagi busana perempuan, dan membiasakan membantu pekerjaan orang tua di rumah, serta berkata baik dan bersikap sopan santun, ” pungkas Susi Susanti.

    Pendapat lain disampaikan oleh Ketua Panitia Penyelenggara Sanlat, Sintia Agustina, S.Pd.I. Ia menjelaskan bahwa pemateri yang dihadirkan dalam kegiatan sanlat ini merupakan tenaga-tenaga profesional yang ahli dan berpengalaman sesuai dengan bidangnya. Mereka berasa terdiri dari tenaga guru, dosen, para ustaz lulusan pesantren terkenal, aktivis lingkungan, mentor Pramuka, aktivis kesenian pencak silat, aktivis literasi, penulis, pendongeng, motivator, dan trainer pendidikan.

    Beberapa pemateri sanlat yang terlibat dalam kegiatan tersebut di antaranya H. Suhada, M.Pd. (Ketua Yayasan Global Bina Generasi) yang memberikan materi “Ciri-ciri Anak Saleh” dan “Belajar Kemandirian”. Sementara itu untuk materi “Belajar Etika/Sopan Santun” dibawakan oleh Sintia Agustina, S.Pd.I., Nazri Nur Nawari, Ajeng Nuroniah, dan Soleh.

    WARTAMILITER.COM
    market.biz.id WARTAMILITER.COM
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    “Alhamdulillah, respon anak-anak dan orang tua dalam kegiatan sanlat ini sangat baik. Mereka tampaknya merasa puas dan senang telah menitipkan anak-anaknya kepada kami dalam sebuah kegiatan yang positif sehingga bisa menambah ilmu dan pengalaman. Utamanya diharapkan setelah mengikuti sanlat ini ahlak mereka menjadi lebih baik, ” pungkas Sintia.

    Pada tahun ajaran 2022-2023 ini SDIT Cahaya Qur’ani akan kembali membuka pendaftaran siswa baru. Bagi masyarakat yang berminat memasukan anaknya ke sekolah favorit ini bisa datang langsung ke alamat sekolah yaitu:

    Jalan Babakan Tarogong RT.01/RW.06,  Desa Citapen,  Kecamatan Cihampelas,  Kabupaten Bandung Barat.

    Lokasi sekolah bertepatan dengan Perumahan Alam Endah Citapen. Pendaftaran siswa baru terbatas untuk tiga kelas sehingga bagi para orang tua yang berminat bisa daftar secepatnya agar tidak kehabisan tempat untuk anaknya.

    Persyaratan pendaftaran dengan cara membawa fotokopi akte kelahiran anak, fotokopi Kartu Keluarga (KK) dan fotokopi KTP orang tua, foto anak, serta mengisi formulir pendaftaran siswa baru. Sekretariat pendaftaran siswa baru buka setiap Senin sampai dengan Jum’at dari pukul 08.00 s.d 16.00 WIB.

    Jika Anda perlu informasi lainnya, silahkan menghubungi:  Telepon/WA: 0817-420-933

    ***

    Kepiting Goreng Spesial
    market.biz.id Kepiting Goreng Spesial
    13% Rp 8.509
    Beli sekarang!

    Editor: JHK

    Bandung Barat YGBG SDIT Cahaya Qur'ani Citapen Cihampelas Pendidikan Pesantren Kilat Sanlat Iman Tagwa Saleh Saleha
    Jumari Haryadi

    Jumari Haryadi

    Artikel Sebelumnya

    Tujuh Pelukis SETAPA Sukses Gelar Pameran...

    Artikel Berikutnya

    Pengurus Komunitas SETAPA Beraudiensi ke...

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Achmad Sarjono verified

    Afrizal

    Afrizal verified

    Postingan Bulan ini: 490

    Postingan Tahun ini: 1812

    Registered: May 25, 2021

    Syafruddin Adi

    Syafruddin Adi verified

    Postingan Bulan ini: 461

    Postingan Tahun ini: 2365

    Registered: Apr 8, 2021

    Indra Gunawan

    Indra Gunawan verified

    Postingan Bulan ini: 179

    Postingan Tahun ini: 650

    Registered: Nov 15, 2021

    KODIM SURABAYA TIMUR

    KODIM SURABAYA TIMUR verified

    Postingan Bulan ini: 149

    Postingan Tahun ini: 496

    Registered: Oct 4, 2021

    Profle

    Narsono Son verified

    Kanwil Kemenkumham Jateng Jalin Sinergi Dengan Kodam IV Diponegoro 
    Beri Penguatan Jajaran Kemenkumham Jateng, Fajar B.S Lase: Gagap Teknologi Akan Tereliminasi
    Lapas Pasir Putih Ikuti Kegiatan Launching Kumham CSIRT, Secara Virtual
    Warga Kota Tegal Dapat BLT Minyak Goreng dan Dapat Vaksin Gratis

    Rekomendasi

    Kemenko PMK dan FDKV Universitas Widyatama  Latih Para Pelaku UMKM Desa Nyalindung Kabupaten Sumedang  di Bidang Branding dan Kemasan
    Kirab Taruna AAU Berlangsung Meriah di Malioboro
    Latma Cope West 2022 TNI AU-US PACAF di Lanud Abd Saleh Resmi Ditutup
    Andi Iwan Darmawan Aras: Perlu Optimalisasi DAS Pangkajene di Tahun 2023
    Anwar Hafid Berharap Pemerintah Jalankan Putusan MK Terkait Pengisian Pejabat Sementara Kepala Daerah

    Ikuti Kami